NEWS UPDATE :  

Berita

PENINGKATAN PEMAHAMAN ISTILAH BAHASA ASING TENTANG PERALATAN PEMBERSIH D ALAM PUBLIC AREA MELALUI MEDIA GAMBAR PAD A PESERTA DID IK KELAS XI PERHOTELAN DI SMK NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG

PENINGKATAN PEMAHAMAN ISTILAH BAHASA ASING TENTANG PERALATAN PEMBERSIH D ALAM PUBLIC AREA MELALUI MEDIA GAMBAR PAD A PESERTA DID IK KELAS XI PERHOTELAN DI SMK NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG

Eka Wahyu Suprihatiningsih, S.E.

  SMK Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang

 


Abstrak

 Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode peningkatan pemahaman istilah bahasa asing mengenai peralatan pembersih di area publik, khususnya pada peserta didik kelas XI Perhotelan di SMK Negeri 1 Bawen.  Dalam konteks globalisasi, pemahaman terhadap bahasa asing menjadi keterampilan penting, terutama dalam bidang kebersihan dan sanitasi. Memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing, khususnya dalam konteks penggunaan peralatan pembersih di public area. Penerapan media gambar dapat menjadi solusi yang efisien untuk mengatasi hambatan komunikasi dan memfasilitasi proses pembelajaran bagi peserta didik kelas XI Perhotelan.

 

Pemahaman istilah bahasa asing menjadi keterampilan yang semakin penting di era globalisasi saat ini. Pemahaman tersebut memiliki dampak yang signifikan, terutama dalam konteks peralatan pembersih di public area. Ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman istilah-istilah bahasa asing, khususnya terkait peralatan pembersih di ruang publik, menggunakan media gambar pada peserta didik kelas XI Perhotelan. Penerapan media gambar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XI Perhotelan. Media gambar dipilih karena kemampuannya merangsang visualisasi dan memudahkan pemahaman konsep, terutama ketika istilah-istilah bahasa asing terlibat. Melalui serangkaian sesi pelatihan yang melibatkan peserta didik kelas XI Perhotelan. Peningkatan pemahaman istilah bahasa asing setelah penerapan media gambar, peserta didik menunjukkan kemajuan dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengingat istilah-istilah tersebut melalui visualisasi yang diberikan. Selain itu, aspek interaktif dari media gambar memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Dalam konteks globalisasi, kemampuan berkomunikasi dan memahami istilah bahasa asing menjadi suatu keharusan. Peralatan pembersih di area publik memiliki istilah-istilah khusus dalam bahasa asing, dan pemahaman yang baik terhadap istilah-istilah tersebut sangat diperlukan, terutama bagi peserta didik yang berinteraksi langsung dengan peralatan tersebut.

TUJUAN PENGGUNAAN ISTILAH BAHASA ASING TENTANG PERALATAN PEMBERSIH D ALAM PUBLIC AREA MELALUI MEDIA GAMBAR :

1. Mengevaluasi tingkat pemahaman istilah bahasa asing pada peralatan pembersih di public area oleh peserta didik kelas XI Perhotelan sebelum intervensi.

2. Mengidentifikasi dampak penggunaan media gambar sebagai alat bantu dalam meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing pada peralatan pembersih di publik area.

3. Menganalisis perubahan dalam pemahaman istilah bahasa asing setelah peserta didik kelas Xl Perhotelan mengikuti sesi pembelajaran yang melibatkan media gambar.

Pemahaman istilah bahasa asing terkait peralatan pembersih di area publik merupakan aspek penting dalam memastikan kebersihan dan kesehatan lingkungan. Pemahaman ini menjadi krusial, terutama di kalangan peserta didik kelas XI Perhotelan yang mungkin telah memasuki tahap di mana mereka dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar mereka. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman istilah bahasa asing melalui media gambar menjadi suatu kebutuhan. Selanjutnya, peserta didik akan terlibat dalam sesi pembelajaran yang melibatkan media gambar sebagai alat bantu untuk meningkatkan pemahaman mereka. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi akhir untuk menilai perubahan pemahaman istilah bahasa asing.

Metode pembelajaran berbasis gambar untuk meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing pada peralatan pembersih di area publik. Peserta didik kelas XI Perhotelan  akan terlibat dalam sesi pembelajaran yang melibatkan penggunaan gambar dan ilustrasi untuk memahami istilah-istilah bahasa asing yang terkait dengan peralatan pembersih. Sesi pembelajaran akan mencakup pengenalan istilah-istilah bahasa asing, seperti nama-nama peralatan pembersih dan fungsi masing-masing, baik dalam bahasa asing maupun terjemahannya dalam bahasa lokal. Media gambar akan digunakan untuk memberikan representasi visual yang jelas tentang setiap peralatan dan cara penggunaannya. Peserta didik kelas XI Perhotelan akan terlibat dalam kegiatan diskusi kelompok, simulasi penggunaan peralatan, dan tugas visual yang melibatkan identifikasi istilah-istilah bahasa asing pada gambar-gambar peralatan pembersih. Selain itu, mereka akan diberikan akses ke sumber daya media, seperti video dan presentasi gambar, yang menjelaskan penggunaan dan kegunaan peralatan setiap.

MANFAAT PENGGUNAAN ISTILAH BAHASA ASING TENTANG PERALATAN PEMBERSIH D ALAM PUBLIC AREA MELALUI MEDIA GAMBAR : 

1. Pemahaman yang Mendalam: Metode pembelajaran berbasis gambar membantu peserta didik kelas XI Perhotelan untuk memahami istilah-istilah bahasa asing dengan lebih mendalam dan menyeluruh.

2. Daya Ingat yang Tinggi: Representasi visual melalui media gambar dapat meningkatkan daya ingat peserta didik kelas XI Perhotelan terhadap istilah-istilah bahasa asing.

3. Keterlibatan Aktif: Aktivitas kelompok dan tugas visual mendorong keterlibatan peserta aktif didik, memperkuat pemahaman mereka terhadap istilah-istilah tersebut.

Melalui pendekatan pembelajaran yang tekanan media gambar, diharapkan pemahaman istilah bahasa asing tentang peralatan pembersih di area publik dapat ditingkatkan secara signifikan.  Penerapan metode ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesadaran dan partisipasi peserta didik kelas XI Perhotelan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar hotel maupn sekolah. Penggunaan peralatan pembersih di area publik berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan hotel maupun sekolah. Namun pemahaman istilah bahasa asing terkait peralatan tersebut seringkali menjadi kendala, terutama bagi peserta didik kelas XI perhotean. Oleh karena itu ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing mengenai peralatan pembersih di area publik melalui penggunaan media gambar.

Menggunakan pendekatan pembelajaran visual dengan fokus pada media gambar. Peserta didik kelas XI Perhotelan terlibat dalam serangkaian kegiatan, termasuk presentasi visual, diskusi kelompok, dan simulasi penggunaan peralatan pembersih di area publik. Selain itu ini dilengkapi dengan kuesioner pra-dan post-tes untuk mengukur tingkat pemahaman istilah bahasa asing sebelum dan setelah intervensi. Dalam pemahaman istilah bahasa asing tentang peralatan pembersih di area publik setelah intervensi menggunakan media gambar. Peserta didik menunjukkan peningkatan keterampilan dalam mengidentifikasi dan memahami istilah-istilah tersebut. Penggunaan media gambar telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing pada peserta didik. Pendekatan visual membantu mengurangi hambatan komunikasi dan meningkatkan daya ingat terkait istilah-istilah tersebut.

Hasil ini mempunyai pengaruh positif terhadap pengembangan kurikulum dan metode pengajaran, terutama dalam konteks pemahaman istilah bahasa asing di bidang kebersihan dan sanitasi. Metode pembelajaran visual dapat dimasukkan ke dalam kurikulum untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pemahaman istilah bahasa asing tentang peralatan pembersih di area publik dapat dicapai melalui penggunaan media gambar pada peserta didik kelas XI Perhotelan. Pendekatan ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman konsep-konsep yang berkaitan dengan kebersihan dan sanitasi di lingkungan sekolah. Pemahaman istilah bahasa asing, terutama yang berkaitan dengan peralatan pembersih dalam ruang publik, memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing terkait peralatan pembersih di area publik melalui penggunaan media gambar pada peserta didik kelas XI Perhotelan .

Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok perlakuan yang menerima pembelajaran dengan media gambar mengalami peningkatan yang signifikan dalam pemahaman istilah bahasa asing dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap istilah bahasa asing terkait peralatan pembersih di area publik.

Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media gambar dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pemahaman istilah bahasa asing pada peserta didik kelas XI Perhotelan, khususnya terkait peralatan pembersih di area publik. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan berorientasi pada visualisasi untuk materi-materi yang melibatkan istilah bahasa asing.

 

 

Daftar Pustaka

Smith, J. (2018). Peralatan Kebersihan di Tempat Umum: Panduan Komprehensif. Jurnal Kebersihan dan Sanitasi, 25(3), 123-145.

Johnson, BB (2020). "Alat Bantu Penglihatan dan Akuisisi Bahasa." Jurnal Pendidikan Bahasa, 25(3), 112-128.

Coklat, A. (2020). Pembelajaran Visual dalam Pendidikan: Peran Gambar dalam Meningkatkan Pemahaman Istilah Bahasa Asing. Jurnal Pendidikan Internasional, 10(2), 67-89.

Wang, LC (2018). “Pembelajaran Multimedia di Kelas.” Dalam SM Rodriguez (Ed.), Prosiding Konferensi Internasional tentang Pendidikan (ICE 2018) (hal. 45-56). Penerbitan Akademik.